Jenang Jawa

Jenang jawa

Untuk anda yang tengah mencari tutorial terkait Resep Populer, bisa jadi resep Jenang Jawa yang dibuat oleh R O S I T A ini sesuai dengan keperluan anda. Seluruh informasi mengenai resep populer sangat mudah dilakukan. Jadi Anda bisa menyimak langkah-langkah membuat Jenang Jawa bersamaan dengan praktek langsung.

Menu populer:

Dan inilah langkah-langkah dan komposisi untuk membuat Jenang Jawa.

Jenang jawa

Oleh: R o s i t a via Cookpad.com
Advertisement

Bahan-bahan untuk Jenang jawa:

  • 500 gr tepung ketan
  • 1/2 kg gula merah
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 liter santan kental dr 1 kelapa
  • Wijen (sangrai)
  • Gelatin sapi

Cara Membuat Jenang jawa:

  1. Potong-potong Gula merah. Tambah gula pasir, sedikit santan & air. Panaskan sampai gula mencair. Angkat & saring.
  2. Diwadah lain, tuang tepung ketan. Larutkan dengan sisa sisa santan, aduk rata. (lebih enak pake blender)
  3. Panaskan kembali gula merah cair, aduk-aduk sampai mendidih, kecilkan api.
  4. Masukkan adonan tepung perlahan, aduk2. Gunakan api kecil ya.. Supaya gak gosong sih 😄
  5. Aduk aduk rata, cek rasa.. Tambah bubuk gelatin yg sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk lagi sampai kalis. (saya ngulek jenang kurleb 1 jam)
  6. Olesi wadah dengan minyak, tuang jenang. Taburi wijen.
  7. Tutup dengan plastik wrap, insya Allah besok sudah bisa dimakan.
  8. Tips : dr resep yg saya buat, warna jenang kurang pekat. Rasanya juga kurang manis dikit kayak bikinan nenek 😣 mungkin lusa kalo bikin lagi tambah Gula merah 1/4 kg. Jadi total pake 3/4 kg Gula merah & gula putih dikurangin, pake 5 sdm aja..

Itulah artikel bagaimana cara membuat Jenang Jawa selengkapnya. Apabila resep diatas tidak sesuai keinginan anda, silakan kembali ke halaman resep populer untuk memilih resep selanjutnya.

Advertisement
/ * * * \